Jumat, 01 Februari 2013

Langkah Mengarang Lagu


Di dalam berkarya music, khususnya mengarang lagu, tidak hanya sekedar menyusun nada menjadi melodi dan memberinya syair, tetapi membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat. Adapun langkah – langkah untuk mengarang lagu adalah sebagai berikut :

1. Memilih tema lagu
Tema adalah pokok pikiran, gagasan, atau ide dasar. Dalam music, tema dapat diambil dari kejadian sehari – hari, pengalaman hidup, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta, dan puji – pujian. Dari tema lagu, kita dapat menyusun kalimat music yang beraneka ragam sehingga menimbulkan melodi yang bermacam – macam sifat, bentuk, dan jenisnya.

2. Memilih bentuk komposisi
Dalam membuat komposisi music diperlukan beberapa proses, di antaranya :
a. Menyusun nada menjadi melodi
b. Menyusun nada menjadi harmoni
c. Menggabungkan melodi dan harmoni menjadi suatu komposisi music
d. Menyusun frase untuk membentuk akalimat lagu
e. Menyusun gerakan music yang sesuai dengan bentuk komposisi music

3. Menentukan tangga nada
Memilih tangga nada berkaitan erat dengan karakter lagu yang akan dibuat. Tangga nada mayor melukiskan karakter dan sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap, riang, gembira, ceria, bangga, dan menyenangkan. Sementara itu, tangga nada minor melukiskan karakter pesimis, penuh keraguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, dan melankolis. Dalam satu lagu dapat juga menggunakan dua tangga nada.
4. Menentukan ambitus suara
Ambitus adalah jangkauan wilayah nada. Mengetahui pangsa pasar lagu yang akan dibuat merupakan salah satu factor penting yang harus diperhatikan pencipta lagu. Misalnya, untuk anak – anak, remaja, orang dewasa, dan umum karena setiap kelompok masyarakat memiliki kemampuan ambitus yang berbeda. Kemampuan ambitus anak – anak lebih terbatas apa bila dibandingkan dengan orang dewasa.

5. Menentukan metrum / ukuran irama
Menentukan metrum atau ukuran birama sangat mempengaruhi irama lagu yang akan diciptakan karena irama merupakan denyut nadi dan unsure pokok sebuah lagu.

6. Menyusun melodi atau membuat syair lagu
Setiap pengarang lagu dalam menyusun melodi atau membuat syair lagu memiliki cara yang berbeda, namun tidak boleh berdiri sendiri, apalagi bertentangan. Kedua factor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. Hal yang harus diperhatikan dalam menyusun melodi adalah struktur melodi dan gerakan melodi.

2 komentar:

Moeyz mengatakan...

Artikel yang menarik dan sangat bermanfaat. Terimakasih atas informasinya. Reportasee Portal Berita Dalam Negeri dan Luar Negeri Info Terbaru Lowongan Kerja BUMN di PT PLN, Cek Formasinya Profil DJ Alan Walker, Daftar Lagu Lengkap dan Penghargaan 5 Fakta Film Dua Garis Biru, Pemeran Zara JKT48 dan Angga Yunanda

Unknown mengatakan...

Terinma kasih ini sangat membantu saya😊

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.