Jumat, 01 Februari 2013

Proses Kesuksesan Sebuah Band


Jika band kalian ingin sukses seperti grup band baru indonesia lainnya yang sudah sukses, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan berikut ini ada beberapa tips untuk sebuah band agar sukses:

1. Harus mempunyai tujuan
Memiliki tujuan yang jelas adalah hal yang paling utama dalam sebuah band yang ingin sukses. Dengan mempunyai tujuan yang jelas maka band tersebut dapat menentukan kearah mana band tersebut akan dibawa. Dalam industri musik persaingan sangatlah keras. Kebanyakan label rekaman, manager, produser musik enggan bekerja sama dengan band yang tidak jelas arah dan tujuannya. Mereka lebih memilih untuk bekerjasama dengan musisi yang memiliki tujuan yang jelas dan cekatan.

2. Mempunyai identitas dan ciri khas dalam Bemusik
Banyak sekali sekarang kita temukan band-band baru yang tidak mempunyai ciri khas tertentu yang menandakan identitas band mereka masing-masing atau dengan kata lain band-band tersebut hanya menjadi pengikut dari band terkenal sebelumnya. Kita memang boleh mengagumi suatu band dan ingin seperti band tersebut, namun tidak boleh sepenuhnya mengikuti band tersebut. Band kamu harus tetap memiliki ciri khas tersendiri, bahwa ketika khalayak mendengarkan musik kamu atau sedang melihat acara band, orang banyak tersebut mengetahui bahwa itu adalah band kamu. Orang akan menganggap musik kamu tidak bermutu apabila band kamu tidak memiliki ciri khas tertentu yang membedakan band kamu dari band-band lainnya. Jadi apabila kamu ingin menjadi musisi yang dapat diterima oleh khalayak banyak, kamu harus mempunyai identitas dan ciri khas yang menandakan band kamu, baik dalam warna musik anda maupun gaya berpenampilan dan aksi-aksi panggung band kamu.

3. Proses

“Proses” inilah yang paling penting dalam membuat suatu band menuju kesuksesan. Banyak band yang hanya memikirkan bagaimana bandnya bisa sukses saja, namun melupakan apa yang dinamakan dengan “proses ” Intinya adalah bagaimana kita fokus kepada proses, bukan kepada hasil semata-mata. Jika kita fokus kepada hasil saja, maka terkadang kita merasa cepat puas dengan hasil yang kita dapat. Padahal sebenarnya masih banyak potensi/bakat kita yang dapat digali lebih dalam. Proses merupakan sebuah jalan panjang yang harus dilalui, begitu banyak kendala ataupun rintangan ke depannya tetapi tentunya proses tersebut dengan sendirinya akan mematangkan kita dalam bermusik, baik itu kualitas musik yang dihasilkan ataupun membuat penggemar semakin mencintai musik kita. Banyak band yang kemudian menjadi patah semangat untuk mencoba kembali bersaing.
Dalam dunia musik jika hanya menunggu untuk ditemukan. Kesuksesan tidak mungkin terjadi apabila kita hanya berdiam diri saja. Mereka berkata “saya sedang menunggu sukses!”. Kesuksesan dapat kita raih bukan ditunggu. Jadi tidak ada lagi kata-kata menunggu dalam dunia musik. Jadi tunggu apa lagi, Do-it-now! Demand discovery, never wait for it!

4.Perkenalkan Band kamu kepada siapapun.
Banyak cara yang dapat band lakukan untuk membuat bandnya agar dikenal. Berikut ini beberapa perangakat wajib yang dibutuhkan guna mengejar karir yang serius dalam band untuk menuju kesuksesan:
PRESS KIT/PROMO PACK
- Sebuah demo kaset/CD yang berisikan 3-5 lagu TERBAIK band kamu. ( Kualitas musik disini sangat berpengaruh) Biografi artis. (Informasi penting tentang sang artis, termasuk siapa saja mereka, apa yang mereka lakukan, apa yang sedang mereka kerjakan, dan sebagainya.)
- Daftar lagu (song list). (Seluruh judul lagu yang dibawakan oleh sang artis, milik sendiri atau cover)
- Lirik-lirik lagu. (materi lirik-lirik lagu milik sang artis yang termuat dalam demo mereka.
- Foto artis (foto-foto seputar kegiatan band, personil band, dll)
- “Write-ups” (Berbagai kisah menarik atau resensi yang ditulis media cetak tentang sang artis, bisa juga mengenai liputan
tentang mereka di radio, televise dan ketika band kamu manggung.)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.